PEDIGREE ID
Search
Perawatan medis

Displasia Pinggul pada Anjing: Memahami dan Membantunya untuk Dapatkan Kehidupan Lebih Baik

Displasia Pinggul pada Anjing: Memahami dan Membantunya untuk Dapatkan Kehidupan Lebih Baik

Displasia pinggul adalah salah satu istilah yang mungkin terdengar menyudutkan, tetapi penting bagi setiap “orang tua asuh” yang memelihara anjing untuk memahaminya, terutama jika Anda memiliki teman berbulu yang berukuran besar. Jika suatu saat nanti Anda melihat anjing kesayangan Anda tertatih atau terlihat kesulitan untuk bangun, mungkin saja ia sedang mengalami dislokasi pinggul anjing.

Memahami Displasia Pinggul pada Anjing

Displasia pinggul adalah kondisi perkembangan di mana sendi bola-dan-soket pinggul pada anjing tidak berkembang dengan baik. Ketidaksejajaran ini menyebabkan gesekan dan kerusakan seiring berjalannya waktu, kemudian anjing Anda juga akan merasakan nyeri dan mengalami kesulitan bergerak. Meskipun hal ini dapat mengganggu, namun deteksi dini dan pengobatan yang sesuai dapat membuat perbedaan besar.

Apa yang Menjadi Penyebab Displasia Pinggul pada Anjing?

Penyebab utama displasia pinggul pada anjing adalah genetik. Ya, sama seperti saat kita mewarisi sifat dari orang tua kita, anjing juga bisa mewarisi kondisi ini. Ras-ras besar seperti German Shepherd, Rottweiler, dan Labrador Retriever sangat rentan terhadap displasia pinggul. Tetapi bukan hanya faktor gen yang menjadi penyebab displasia pinggul pada anjing, namun faktor seperti berat badan yang bertambah akibat pemberian makan berlebih atau olahraga yang terlalu intens untuk anak anjing juga bisa berperan dalam perkembangan masalah pinggul pada anjing.

Gejala Displasia Pinggul

Anjing tidak dapat memberitahu kita saat mereka kesakitan, tetapi mereka mampu menunjukkannya melalui perilaku. Beberapa tanda umum displasia pada anjing:

Untuk anjing yang lebih muda (<18 bulan):

  • Berjalan pincang atau berlari dengan gaya melompat seperti kelinci.
  • Kesulitan berdiri atau berbaring.
  • Ragu-ragu untuk melompat atau naik tangga.
  • Bunyi klik dari pinggul.
  • Lebih banyak bertumpu pada kaki depan.

Untuk anjing dewasa (>18 bulan):

  • Riwayat pincang, terutama setelah aktivitas yang berat.
  • Berkurangnya massa otot paha.
  • Kesulitan dalam melakukan aktivitas yang sebelumnya mudah, seperti melompat.

Perhatikan, ada banyak anjing yang tidak menunjukkan gejala-gejala ini sampai mereka pada akhirnya kondisi mereka menjadi parah.

Mendiagnosis Displasia Pinggul

Jika Anda mencurigai teman berbulu Anda mengalami masalah pinggul pada anjing, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan. Dokter akan melakukan foto sinar-X pada pinggul anjing dan mungkin juga memeriksa fisik pinggulnya demi melihat apakah terjadi pengapuran atau dislokasi pinggul anjing lainnya.

Bagaimana Cara Mengobati Displasia Pinggul pada Anjing?

Pengobatan displasia pada anjing tergantung pada usia, tingkat keparahan, dan gaya hidup secara keseluruhan:

  • Pembedahan: Ini merupakan pengobatan untuk displasia pinggul pada anjing yang lebih umum untuk anjing yang lebih muda dan mencakup prosedur seperti penggantian seluruh bagian pinggul.
  • Perawatan di Rumah: Untuk anjing yang lebih tua atau kasus yang lebih ringan, penggunaan obat-obatan, suplemen (seperti glukosamina dan kondroitin), dan terapi seperti laser dingin atau akupunktur dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat displasia pinggul.

Peran Nutrisi dalam Penanganan Displasia pada Anjing

Selain memberikan pengobatan untuk displasia pinggul pada anjing, perlu juga memberi makan anjing Anda diet seimbang yang disesuaikan dengan ukuran dan ras mereka adalah hal yang penting. Adanya produk seperti PEDIGREE Pro bertujuan untuk membantu kesehatan tulang dan sendi pada anjing. Namun, meskipun Anda telah memberikan nutrisi yang mendukung kesehatan sendinya, sangat penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memulai perubahan apa pun pada program diet anjing Anda.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Meskipun displasia pada anjing memiliki komponen genetik yang kuat, langkah-langkah berikut dapat dilakukan untuk mengurangi risikonya:

  • Diet yang terkontrol: Pastikan anjing Anda mempertahankan berat badan yang sehat, terutama pada masa muda mereka.
  • Pemeriksaan rutin: Pemeriksaan awal menggunakan sinar-X pinggul dapat membantu pengobatan untuk pencegahan.

Meskipun dislokasi pinggul anjing mungkin tidak mengurangi harapan hidupnya, namun hal ini bisa berpengaruh pada kualitas hidup mereka, terutama bagi ras yang lebih besar.

Memahami risiko ini merupakan langkah awal untuk memastikan teman berbulu kita menjalani hidup yang nyaman dan bebas nyeri. Jika Anda memiliki anjing ras besar, disarankan untuk berkonsultasi secara teratur dengan dokter hewan tentang risiko dan tanda-tanda displasia pinggul.

Ingatlah, setiap anjing layak memiliki kehidupan yang bahagia dan sehat, Melalui perawatan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa kebutuhan mereka semuanya terpenuhi!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Ras anjing apakah yang rentan terhadap displasia pinggul?

Ras-ras besar dan raksasa lebih rentan terhadap displasia pada anjing. Ras seperti German Shepherds, Rottweilers, Labrador Retrievers, dan Saint Bernards seringkali memiliki risiko lebih tinggi. Namun bukan berarti ras anjing kecil tidak berisiko. Setiap anjing, tanpa memandang ukuran, sangat mungkin mengalami masalah kesehatan ini akibat dari berbagai faktor.

Berapa lama anjing bisa hidup dengan displasia pinggul?

Apakah anjing dengan displasia pinggul lebih sering tidur?

Apakah berjalan-jalan dengan anjing membantu mengurangi risiko displasia pinggul?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!