PEDIGREE ID
Search

Ras Shar Pei - Informasi & Karakteristik Anjing & Anak Anjing

Ras Shar Pei

Shar Pei Cina adalah ras anjing yang berasal dari China. Ras ini menarik perhatian dan menghangatkan hati dengan penampilan keriputnya yang khas dan sikap stoik. Anjing berukuran sedang ini memiliki sejarah yang kaya dan tampilan yang unik, menjadikannya hewan peliharaan yang istimewa. Mari kita cari tahu spesifikasi utama, karakteristik kepribadian, kebutuhan perawatan, sejarah, dan detail lainnya tentang Chinese Shar-Pei.

Spesifikasi Utama Ras Shar-Pei

Ingat faktor-faktor ini sebelum membawa pulang anjing Shar-Pei:

Berat

20 sampai 27 kg

Tinggi 

18 sampai 20 inci

Masa Hidup

8 sampai 12 tahun 

BuluBulu Ganda

Catatan: Tinggi dan berat badan yang tertera di tabel untuk anjing Shar Pei ukuran dewasa dan bukan anak anjing Shar Pei.

Penampilan fisik ras anjing Shar Pei

Shar Pei adalah anjing berbulu pendek yang dikenal karena kulit keriputnya. Sebagai anak anjing, mereka mungkin terlihat memakai mantel berukuran besar dengan lipatan kulit longgar yang menggantung di seluruh tubuh mereka. Mereka memiliki berbagai macam warna seperti: 

  • Hitam
  • Krem
  • Merah
  • Biru

Fakta: Kulit berlebih pada Shar Pei adalah ciri yang disengaja. Awalnya dilakukan untuk melindungi mereka dalam perkelahian anjing. 

Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai warna dari Shar Pei yang menggemaskan dengan kulit keriputnya, berikut adalah ciri paling dapat dikenali mereka untuk membantu Anda mengenali Shar Pei Cina murni:

  • Anjing ukuran medium dengan bentuk otot yang padat dan berisi
  • Moncong lebar, telinga kecil berbentuk segitiga, dan mata kecil yang cekung
  • Ekor yang tinggi dan berbetuk melingkar

Karakteristik Kepribadian Shar Pei

Shar Pei adalah anjing yang anggun dengan sifat bermain yang menyenangkan dan menunjukkan kesetiaan yang teguh begitu mereka menerima Anda sebagai milik mereka. Mereka menunjukkan ketenangan dan keyakinan diri, membuat mereka menjadi penjaga yang sangat baik, tetapi kewaspadaan bawaan mereka terhadap orang asing mensyaratkan sosialisasi yang dini. Shar Pei mungkin tidak terlalu penyayang, tetapi mereka sangat menghargai ikatan yang kuat dengan keluarga mereka, seringkali secara halus mencari teman. Sifat perlindungan mereka menghasilkan naluri penjagaan yang kuat untuk rumah dan orang yang dicintai. Meskipun memiliki sifat keras kepala, Shar Pei dapat dilatih dengan tegas, konsisten, dan penguatan positif, mengungkapkan kecerdasan dan antusiasme mereka untuk menjadi menyenangkan. Dengan pemilik yang tepat, mereka menjadi teman yang peka dan membahagiakan.

Apakah Shar Pei Membutuhkan Pelatihan?

Tentu, Shar Pei, seperti semua anjing, berkembang dengan pelatihan yang konsisten yang menetapkan batasan yang jelas. Meskipun sifat mereka yang mandiri dan kadang-kadang keras kepala, mereka merespons dengan baik terhadap pelatihan awal yang difokuskan pada perintah dasar kepatuhan seperti duduk, diam, datang, dan tinggalkan. Penguatan positif melalui camilan, pujian, dan koreksi yang lembut sangat efektif dengan ras ini.

Mengenalkan anak anjing Shar Pei Anda dengan berbagai orang, tempat, dan hewan di lingkungan yang aman juga sangat penting. Ini membangun kepercayaan diri mereka dan mengurangi potensi agresi. Karena Shar Pei secara historis dibesarkan sebagai anjing penjaga, mereka mungkin menunjukkan sifat pemilik, tetapi pelatihan dapat membantu mereka memahami perilaku yang dapat diterima. Stimulasi mental melalui mainan, pelatihan, dan permainan mencegah kebosanan dan perilaku merusak. Jadi, pelatihan tidak hanya bermanfaat, tetapi penting untuk Shar Pei yang berkepribadian baik.

Kesehatan: Sayangnya, Shar Pei rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan yang lebih besar dibandingkan dengan banyak ras lainnya. Infeksi kulit di dalam lipatan-lipatan dalamnya umum terjadi, sehingga menjaga lipatan-lipatan ini tetap bersih dan kering sangat penting. Masalah mata seperti entropion (kelopak mata yang tergulung ke dalam) dan glaukoma juga merupakan kekhawatiran. Suatu kondisi unik yang disebut demam Shar Pei, ditandai dengan demam berulang dan sendi yang bengkak, dapat memengaruhi ras ini. Pemeriksaan rutin oleh dokter hewan sangat penting untuk mendeteksi masalah potensial secara dini.

Perawatan: Meskipun bulu pendek Shar Pei relatif mudah dirawat, lipatan-lipatan khas mereka memerlukan perawatan khusus. Lipatan-lipatan yang menggemaskan itu dapat menangkap kotoran, kelembaban, dan bakteri, sehingga rentan terhadap infeksi kulit. Mandi secara teratur dan mengeringkan lipatan-lipatan secara teliti sangat penting. Gunakan sampo anjing yang lembut yang diformulasikan untuk kulit sensitif dan perhatikan pembersihan di setiap lipatan. Kain lembut atau kapas dapat membantu membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Setelah mandi, keringkan setiap lipatan dengan teliti untuk mencegah iritasi dan infeksi potensial.

Aktivitas Fisik: Shar Pei memiliki kebutuhan latihan yang sedang dan bisa beradaptasi dengan gaya hidup pemiliknya. Namun, mereka tetap memerlukan latihan teratur untuk tetap bugar dan mencegah kebosanan. Beberapa jalan cepat setiap hari bersama dengan waktu bermain di area aman seperti halaman berpagar biasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hindari memberikan latihan berlebihan pada Shar Pei Anda, terutama dalam cuaca panas, karena moncong pendek mereka membuat mereka rentan terhadap kelebihan panas. Jika Anda menikmati kegiatan yang lebih aktif seperti mendaki atau berlari dan ingin Shar Pei Anda ikut serta, penting untuk secara bertahap meningkatkan daya tahan mereka dan memperhatikan tanda-tanda kelelahan seperti napas berat.

Kebutuhan Nutrisi: Makanan anjing yang berkualitas tinggi dan seimbang yang diformulasikan untuk anjing berukuran sedang sangat penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup Shar Pei Anda. Cari makanan dengan protein daging utuh sebagai bahan utama. Karena kecenderungan mereka terhadap alergi, bijaklah untuk memilih opsi dengan bahan terbatas atau protein baru. Kontrol porsi sangat penting karena Shar Pei rentan terhadap obesitas.

Sejarah singkat Shar Pei

Awal kedatangan Shar Pei dapat ditelusuri kembali lebih dari dua milenium ke Dinasti Han di selatan Cina. Anjing-anjing serbaguna ini melayani berbagai peran: pemburu, penggembala ternak, dan penjaga properti yang setia. Sayangnya, kulit longgar dan mantel berbulu mereka membuat mereka diinginkan sebagai anjing tempur. Kekacauan politik di Cina pada pertengahan abad ke-20 hampir menyebabkan kepunahan ras ini. Namun, beberapa pembudidaya yang berdedikasi menyelamatkan Shar Pei dari kepunahan total. Pada tahun 1970-an, penampilan unik ras ini menarik perhatian di Amerika Serikat, yang mengakibatkan kebangkitan popularitasnya.

Pertanyaan yang sering diajukan

1. Apakah Shar Pei bisa berbaur dengan hewan peliharaan lain?

Shar Pei dapat hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lain, tetapi sosialisasi dini sangat penting. Insting penjaga mereka mungkin menciptakan ketegangan dengan hewan yang tidak dikenal, terutama yang lebih kecil.

2. Apakah Shar Pei adalah anjing keluarga yang baik?

3. Bisakah Shar Pei tinggal sendirian di rumah?

4. Apakah Shar Pei mudah dirawat?

5. Apakah Shar Pei banyak menggonggong?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!