PEDIGREE ID
Search
Kesehatan anjing saya

Kenapa anjing selalu menjulurkan lidahnya?

Kenapa anjing selalu menjulurkan lidahnya?

Anjing adalah ahli komunikasi nonverbal. Dari kibasan ekor hingga gonggongan gembira, bahasa tubuh mereka memberi tahu kita banyak hal tentang perasaan mereka. Salah satu kebiasaan anjing yang paling menawan – dan terkadang membingungkan – adalah ketika anjing menjulurkan lidahnya. Entah itu sekilas atau terus- menerus, perilaku ini bisa menarik sekaligus membuat penasaran. Pada artikel ini, kita akan membahas alasan di balik kebiasaan umum anjing ini dan membahas tentang kondisi yang dikenal sebagai Sindrom Lidah Gantung.

Alasan lidah anjing Anda menjulur

Jika Anda melihat lidah anjing Anda lebih keluar dari biasanya, mungkin ada beberapa alasannya. Berikut adalah beberapa penyebab umum dan apa artinya:

  • Sindrom Lidah Gantung: 

Beberapa anak anjing, terutama ras kecil atau yang berwajah datar (seperti Pug atau Bulldog) memiliki kondisi yang disebut Sindrom Lidah Gantung. Sesuai dengan namanya, lidahnya mungkin terlalu besar untuk mulutnya atau gigi/rahangnya mungkin tidak sejajar. Meskipun mungkin terlihat tidak biasa, ini biasanya merupakan kekhasan yang tidak berbahaya dan hanya menambah pesona unik anjing Anda.

  • Sekedar bentuk relaksasi: 

Jika anjing Anda baru saja bangun dari tidur siangnya yang nyaman, menikmati makanan anjing yang lezat, atau menyelesaikan sesi bermain yang menyenangkan, ia mungkin merasa benar-benar rileks. Salah satu tanda anjing bahagia adalah lidahnya yang sedikit terjulur. Anggap saja anjing itu setara dengan senyuman lebar dan puas!

  • Mekanisme pendinginan: 

Tidak seperti kita, anjing tidak mengeluarkan keringat melalui kulitnya untuk mendinginkan tubuh. Cara paling efektif untuk mengatasi panas adalah dengan terengah-engah. Saat mereka terengah-engah, lidah mereka menjulur, sehingga kelembapan menguap dan membantu menurunkan suhu tubuh. Jika anjing Anda sering terengah-engah dengan lidah terjulur, terutama setelah beraktivitas atau di hari yang panas, pastikan ia memiliki banyak air dan kesempatan untuk mendinginkan diri di tempat teduh.

  • Efek samping pengobatan: 

Sama seperti manusia, anjing dapat mengalami efek samping pengobatan. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan air liur berlebihan, mulut kering, atau reaksi lain yang menyebabkan lidah mereka lebih sering menjulur. Jika Anda khawatir tentang perilaku baru setelah memulai pengobatan, bicarakan dengan dokter hewan Anda untuk meminta solusinya.

Kemungkinan lain

Meskipun alasan di atas adalah alasan paling umum, berikut adalah beberapa penjelasan lain yang lebih jarang terjadi:

  • Masalah gigi: 

Sakit gigi atau gigi tanggal dapat memengaruhi cara anjing menahan lidahnya. Dalam kasus ini, Anda mungkin melihat gejala lain seperti bau mulut atau kesulitan makan.

  • Cedera: 

Trauma pada rahang, mulut, atau lidah dapat menyebabkan pembengkakan atau kerusakan saraf, sehingga menyebabkan lidah menonjol.

  • Masalah neurologis: 

Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi neurologis dapat memengaruhi otot yang mengendalikan lidah si anjing. 

Gambaran Umum Sindrom Lidah Gantung

Meskipun sesekali melihat lidah anjing yang gembira menjulur biasanya merupakan tanda relaksasi atau kepuasan, ada juga kondisi yang disebut Sindrom Lidah Gantung yang terkadang menyebabkan lidah anjing menjulur terus-menerus. Sindrom Lidah Gantung sendiri umumnya tidak menimbulkan kekhawatiran serius, namun penting untuk memahaminya jika hal ini menunjukkan perlunya perawatan yang lebih lanjut.

Tanda dan Gejala Sindrom Lidah Gantung

Tanda paling jelas dari Sindrom Lidah Gantung adalah, tentu saja, lidah anjing Anda menjulur keluar dari mulutnya dalam waktu yang lama atau terus-menerus. Selain itu, beberapa tanda lainnya mungkin:

  • Air liur yang berlebih: 

Lidah yang terus-menerus terpapar dapat mengering dan memicu lebih banyak air liur.

  • Kesulitan makan atau minum: 

Tergantung pada seberapa jauh lidah menjulur, hal ini mungkin menghalangi kemudahan dalam  makan dan minum.

  • Lidah kering atau pecah-pecah: 

Lidah yang terbuka bisa menjadi kering dan pecah-pecah.

Diagnosis Sindrom Lidah Gantung

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, ada baiknya Anda menjadwalkan pemeriksaan ke dokter hewan. Mereka akan memeriksa anjing Anda untuk mencari tahu mengapa lidahnya menjulur. Berikut beberapa hal yang akan mereka cari:

  • Masalah gigi: 

Gigi yang hilang, terutama gigi taring bawah, dapat membuat lidah lebih mudah terpeleset.

  • Kelainan rahang: 

Beberapa anjing mengalami underbite, overbite, atau ketidaksejajaran rahang lainnya yang membuat lidahnya sulit untuk tetap berada di dalam.

  • Masalah neurologis: 

Dalam kasus yang jarang terjadi, kerusakan saraf dapat memengaruhi otot lidah, sehingga menyebabkan lidah terjulur terus-menerus.

Pengobatan pada Sindrom Lidah Gantung

Kabar baiknya adalah, dalam banyak kasus, Sindrom Lidah Gantung tidak memerlukan pengobatan apa pun! Namun, jika dokter hewan Anda mengetahui adanya kondisi yang mendasar, seperti masalah gigi, hal tersebut memerlukan perawatan khusus. Selain itu, jika lidah yang menonjol menyebabkan anjing Anda kesulitan makan, minum, atau merasa sangat tidak nyaman, opsi berikut dapat didiskusikan:

  • Pemeriksaan mendasar: 

Dalam beberapa situasi, perawatan gigi atau operasi kecil mungkin membantu jika posisi lidah disebabkan oleh masalah struktural.

  • Pengobatan: 

Dokter hewan Anda mungkin akan meresepkan obat untuk membantu mengatasi rasa sakit atau peradangan jika diperlukan.

Ada beberapa alasan mengapa teman berbulu Anda menjulurkan lidah. Umumnya, ini hanyalah pertanda anak anjing bahagia atau cara untuk menenangkan diri. Namun, jika Anda khawatir lidah anjing Anda yang menonjol tidak biasa, ada baiknya Anda menjadwalkan janji temu dengan dokter hewan untuk dapat menentukan kondisi medis yang mendasarinya dan memastikan kesehatan yang optimal untuk anjing peliharaan Anda.

Pertanyaan yang sering diajukan

1. Apakah Sindrom Lidah Gantung itu buruk?

Sindrom Lidah Gantung umumnya tidak berbahaya, terutama pada ras brachycephalic (berwajah datar). Namun, pantau adanya air liur berlebihan, kesulitan makan, atau tanda-tanda ketidaknyamanan, yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya.

2. Mengapa lidah anjing saya tiba-tiba menjulur?

3. Apakah anjing menjulurkan lidah saat stres?

4. Mengapa anjing menjulurkan lidah saat keadaan rileks?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!