PEDIGREE ID
Search

Jenis & Penyebab Anjing Muntah serta Cara Mengobatinya

Jenis & Penyebab Anjing Muntah serta Cara Mengobatinya

Penyebab Seekor Anjing  Muntah

Jika Anda orang tua anjing, pasti ingin melindungi teman berbulu baru dari penyakit. Anjing muntah adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi pemilik hewan peliharaan, terlepas dari jenis anjing yang Anda miliki. Jika melihat anjing muntah atau merasa mual, coba cari tahu apa yang baru saja dimakan atau sehari sebelumnya. Hal ini juga akan membantu dokter hewan jika Anda memperhatikan warna muntah, frekuensi muntah, dan kapan anjing muntah. Ada beberapa sebab mengapa anjing muntah, termasuk karena parasit, memakan racun, perubahan pola makan mendadak, infeksi virus atau bakteri.

Jenis Muntah Anjing dan Artinya

Ada tiga jenis muntah anjing dan Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi jenisnya hanya dengan melihatnya. Lihat tabel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Muntah Butiran Muntah Potongan Muntah Cair
Sebagian besar berhubungan dengan makananSebagian besar berhubungan dengan makananTidak berhubungan dengan makanan
Semi cairBerisi potongan makananMungkin berbusa atau lengket
Butiran terlihat seperti kopi bubukMakanan yang tidak tercernaMungkin kuning atau bening
Kadang bisa berdarahTerjadi segera setelah makan Sering dibingungkan dengan batuk kennel
Termasuk makanan setengah cerna Terjadi jika anjing memakan makanan dengan sangat cepat atau berlari setelah makan 

 

Masalah Medis yang Berkaitan dengan Muntah

Muntah anjing juga bisa menjadi indikasi kondisi medis serius yang mendasarinya. Pastikan Anda memeriksakan diri ke dokter hewan jika:

  • Kelemahan tubuh
  • Sakit perut
  • Demam
  • Depresi
  • Penurunan berat badan
  • Dehidrasi
  • Muntah darah

Penyebab Umum Anjing Muntah

Banyak sebab mengapa anjing Anda muntah. Kadang-kadang mungkin karena infeksi internal atau faktor eksternal. Berikut beberapa sebab umum mengapa anjing muntah:

  • Perubahan mendadak dalam pola makan
  • Sembelit
  • Minum air tercemar
  • Alergi makanan
  • Makan makanan basi
  • Parasit usus
  • Mabuk perjalanan setelah naik mobil
  • Infeksi Bakteri atau Virus

Diagnosis dan Pengobatan

Kadang-kadang jawaban mengapa anjing Anda muntah mungkin cukup sederhana karena Anda pasti telah memperhatikan bahwa ia memakan sesuatu yang biasanya tidak dimakannya. Tetapi di lain waktu, dokter hewan mungkin harus melakukan beberapa tes untuk mengetahui mengapa anjing muntah. Pengobatan akan di tentukan sesuai dengan diagnosis. Dokter hewan dapat memberikan obat anti-mual atau antasida kepada anjing Anda untuk pengobatan  sementara.

Warna Muntahan Anjing

Warna muntahan anjing menentukan banyak hal dan juga  mengarah ke  penyebab muntah. Di bawah ini adalah berbagai jenis muntah yang dapat membantu mengidentifikasi masalah dengan anjing -

  • Muntah kuning: Anjing Anda mungkin bersendawa muntah kuning ketika perutnya kosong dan terlihat kuning karena empedu di dalamnya. Muntah kuning disebabkan karena penumpukan asam, refluks atau zat lain yang dapat menyebabkan mual pada anjing.
  • Muntah putih berbusa: Anjing Anda mungkin bersendawa muntah putih berbusa karena penumpukan asam lambung. Busa muncul karena muntahan memercik di sekitar perut sebelum keluar.
  • Muntah bening cair: Muntah anjing Anda tampak bening cair ketika ada sekresi perut atau genangan air di perut. Ini sering terjadi ketika anjing Anda minum air ketika sudah merasa mual.
  • Muntah berlendir: Muntah anjing Anda terlihat berlendir saat meneteskan air liur dan menumpuk di perutnya karena beberapa iritasi. Oleh karena itu, anjing Anda Mengeluarkan melalui muntah yang membawa lendir.
  • Muntah berdarah: Muntah berdarah anjing Anda adalah tanda serius dan mengindikasikan pendarahan internal. Selalu disarankan untuk segera ke dokter pada tahap ini.
  • Muntah coklat: Anjing Anda mungkin mengeluarkan muntahan coklat saat makan terlalu cepat. Warna muntahan muncul demikian karena makanan yang dibuang mungkin tidak tercerna dengan sempurna. Muntah anjingmungkin juga terlihat kecokelatan setelah kotorannya tertelan secara tidak sengaja. Ini disebut koprofagia.
  • Muntah hijau: Anjing Anda mungkin bersendawa muntah hijau jika menelan rumput. Mungkin juga karena kontraksi kandung empedu sebelum anjing Anda muntah.

Muntah vs Regurgitasi

Orang tua anjing sering bingung antara muntah dan regurgitasi. Kedua tindakan ini terlihat sangat mirip tetapi pada dasarnya sangat berbeda . Inilah cara Anda membedakan apakah anjing Anda muntah atau regurgitasi:

Muntah Regurgitasi
Mengeluarkan isi lambung dan usus kecil dengan paksa Mengeluarkan makanan atau zat tertelan lainnya dari saluran makanan
Terdiri dari makanan setengah dicerna dan cairan kuning yang dikenal sebagai empeduZat yang dikeluarkan cenderung tidak tercerna, tertutup lendir
Otot perut dan dada anjing berkontraksi sebelum muntahSering terjadi tepat setelah makan atau minum

Perawatan untuk Anjing Muntah 

Obat yang Diberikan

Perawatan anjing muntah ditentukan oleh dokter hewan. Beberapa obat yang sering diberikan kepada anjing untuk mengontrol muntahnya adalah antiemetik dan metoklopramid.

Obat Alami

Berikut beberapa pengobatan rumahan yang aman yang juga dapat Anda gunakan untuk meredakan muntah pada anjing:

  • Bubuk elektrolit: Saat anjing Anda muntah, ia mengeluarkan makanan yang memberinya energi . Dan karena anjing Anda tidak dapat menahan makanannya, penting untuk menyediakan sumber energi alternatif dan inilah saatnya elektrolit berguna. Beralih ke elektrolit juga akan memastikan anjing Anda tidak mengalami dehidrasi. Anda dapat menambahkan satu sendok teh Glucose Monohydrate ke air minum anjing .
  • Puasa: Puasa memberikan istirahat pada perut dan usus anjing Anda dan memberinya waktu untuk pulih dari muntah. Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui berapa lama anjing berpuasa.
  • Jahe: Jahe memiliki sifat karminatif, artinya membantu mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan atau mendorong keluarnya gas. Mengingat rasa jahe yang astringen, anjing mungkin tidak langsung memakan jahe. Anda bisa menaburkan bubuk jahe di atas roti dan juga menambahkan sedikit madu di atasnya untuk menyamarkan rasa jahe.
  • Potongan es batu: Dehidrasi adalah gejala umum pasca muntah pada anjing. Anda dapat memasukkan beberapa potong es batu ke dalam mulut anjing Anda. Ini akan menggantikan kebutuhan akan air dan juga perasaan dingin dapat membantu anjing Anda merasa lebih baik.
  • Nasi putih: Jika puasa cocok untuk anjing Anda, maka inilah saatnya untuk memasukkan makanan ke dalam lambungnya. Tidak ada yang menenangkan selain nasi putih untuk sakit perut dan ini juga berlaku untuk anjing. Anda dapat memberi makan sedikit nasi putih pada anjing yang mual beberapa kali sehari.
  • Makanan bayi: Makanan bayi adalah pilihan lain untuk memberi makan anjing Anda yang baru pulih dari sakit perut. Komposisi makanan ini ringan dan akan membantu anjing Anda pulih lebih cepat.
  • Kaldu ayam: Kaldu ayam memiliki nilai gizi yang tinggi dan juga membantu dehidrasi. Kaldu ayam juga tersedia di toko-toko tetapi mungkin mengandung pengawet yang mungkin lebih berbahaya untuk perut anjing Anda yang sudah sakit. Karena itu, yang terbaik adalah membuat kaldu sendiri di rumah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Anjing Muntah:

Kapan Anda Harus memberi perhatian terhadap Anjing yang Muntah?

Muntah adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum pada anjing. Tetapi jika Anda melihat anjing Anda muntah lebih dari sekali sehari, maka itu harus menjadi perhatian. Sebaiknya segera buat janji dengan dokter hewan jika muntah terus berlanjut.

Apa yang Dapat Saya Berikan pada Anjing Saya Jika Muntah?

Apa Arti Warna Muntah Anjing?

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Perut pada Anjing?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!