PEDIGREE ID
Search
Perawatan medis

Fakta Mengejutkan tentang Heat Stroke Anjing: Hal-Hal yang Wajib Diketahui

Fakta Mengejutkan tentang Heat Stroke Anjing: Hal-Hal yang Wajib Diketahui

Sinar matahari hangat dan hari-hari cerah telah tiba! Waktunya menikmati hari bersama teman berbulu. Namun jangan sampai Anda lalai ya untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatannya. Sebab di musim kemarau anjing Anda mungkin terlihat gembira dengan mengibaskan ekor, akan tetapi jika suhunya terus naik hal ini justru dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatannya. Salah satu yang paling berbahaya ialah heat stroke pada anjing. Seperti apa bahayanya? Mari kita cari tahu ciri-ciri heat stroke pada anjing bersama untuk langkah pencegahan.

Apa Itu Heat Stroke pada Anjing dan Mengapa Bisa Terjadi?

Heat stroke pada anjing adalah kondisi berbahaya yang dapat mengancam nyawa. Peristiwa ini terjadi ketika hewan peliharaan tercinta kita terpapar panas matahari secara berlebih dan terlambat mendinginkan diri dengan mengatur napas. Ketika suhu tubuh anjing naik di atas ambang batas aman (biasanya sekitar 106°F atau 41°C), hal ini dapat menjadi penyebab heat stroke pada anjing.

Jadi, mengapa heat stroke anjing terjadi? Anjing memiliki kelenjar keringat yang terbatas, terutama di bagian telapak kaki dan hidung mereka. Menghela nafas adalah metode utama bagi anjing untuk mengatur suhu tubuh. Namun, terkadang faktor eksternal seperti suhu yang terlalu tinggi, kelembaban berlebih, atau terjebak di lingkungan panas (seperti dalam mobil yang panas) dapat mengganggu mekanisme pendinginan alami mereka sehingga menjadi penyebab heat stroke pada anjing.

Mengenal Gejala Heat Stroke pada Anjing

Jika Anda adalah “orang tua asuh” dari anjing, maka penting untuk mampu mengenali gejala heat stroke pada anjing. Sebab dengan mengetahui gejalanya, Anda bisa dengan cepat melakukan pertolongan yang dapat menyelamatkan nyawa mereka. Untuk itu, berikut ciri-ciri heat stroke pada anjing yang dapat Anda perhatikan:

  • Kesulitan bernapas dan napas terasa berat: Saat anjing heat stroke biasanya akan muncul tanda pertama berupa masalah pernapasan. Jika anjing Anda terlihat menghela nafas lebih berat atau lebih cepat dari biasanya, segera perhatikan lebih jauh.
  • Mengeluarkan air liur berlebih: Kita semua tahu anjing terkadang mengeluarkan air liurnya. Akan tetapi jika terlihat berlebihan, itu bisa menjadi alasan bagi Anda untuk khawatir.
  • Lemas, mengantuk, atau sulit berkoordinasi: Jika hewan peliharaan Anda yang biasanya bermain ceria tampak lelah atau berjalan sempoyongan, hal itu bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.
  • Pingsan atau muntah: Ini merupakan gejala yang lebih parah. Jika anjing Anda menunjukkan salah satu dari gejala ini, saatnya bertindak cepat.
  • Perubahan warna gusi: Gusi yang sehat berwarna merah muda. Jika terlalu pucat atau terlalu gelap, itu mungkin merupakan tanda ia sedang mengalami masalah kesehatan.

Sangat penting untuk tanggap dalam memberikan tindakan jika Anda menemukan anjing terjebak dalam mobil panas dan terlihat mengalami gejala heat stroke. Ingatlah, tindakan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan nyawa. Segera hubungi layanan darurat.

Memahami Kelelahan Akibat Panas dan Heat Stroke pada Anjing

Meskipun kedua istilah ini terdengar mirip, namun ada perbedaan antara kelelahan akibat panas dan heat stroke pada anjing. Mungkin kalau dianalogikan, kelelahan akibat panas dapat menjadi tahap awal menuju serangan heat stroke. Bayangkan hal ini sebagai tanda peringatan awal sebelum alarm besar berbunyi. Gejala kelelahan akibat panas dapat dikatakan lebih ringan dan bisa terlihat dari anjing yang menghela napas dengan cepat dan peningkatan salivasi. Jika Anda mengabaikan tanda-tanda ini, jangan kaget jika ancaman anjing heat stroke bisa Anda temukan di rumah

Aksi Cepat Tanggap: Cara Mengatasi Heat Stroke pada Anjing

Jika Anda yakin anjing Anda mengalami heat stroke, jangan panik! Sebab Anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan mengikuti cara mengatasi heat stroke pada anjing berikut ini:

  1. Pindahkan anjing Anda ke tempat yang lebih sejuk: Anda dapat memindahkannya di bawah tempat yang teduh atau ruangan ber-AC.
  2. Gunakan air dingin, bukan es: Secara bertahap turunkan suhu tubuh anjing dengan menuangkan air keran dingin (sekitar 15-16°C) di atasnya.
  3. Berhati-hatilah menggunakan handuk: Handuk basah bisa menyimpan panas. Jika Anda menggunakannya, posisikan di bawah anjing dan bukan di atasnya.
  4. Berikan air dalam jumlah sedikit: Biarkan anjing Anda meneguk sedikit air dingin perlahan-lahan.
  5. Pantau pernapasannya: Lanjutkan proses pendinginan sampai pernapasannya menjadi lebih stabil dan segeralah berhenti sebelum anjing Anda mulai menggigil.
  6. Lindungi kepala mereka: Pastikan untuk tidak menuangkan air terlalu dekat atau di atas kepala mereka, terutama jika anjing Anda adalah ras dengan wajah datar untuk menghindari risiko tenggelam.
  7. Penanganan dokter hewan adalah mutlak: Jika Anda telah berhasil mendinginkan anjing Anda, tetaplah bawa ia ke dokter hewan untuk pemeriksaan yang mendalam.

Pencegahan yang Dapat Dilakukan Saat Cuaca Panas

Meskipun Anda telah mengetahui cara menangani heat stroke pada anjing, namun bukankah lebih baik untuk melakukan pencegahan sedari awal? Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Hindari meninggalkan anjing Anda di dalam kendaraan yang berhenti.
  • Sediakan tempat berteduh dan air yang cukup saat mereka berada di luar.
  • Hindari aktivitas berat saat cuaca terlalu panas.
  • Lebih perhatian dan berhati-hati dengan anjing berisiko tinggi, termasuk mereka yang sudah tua, yang masih sangat muda, yang memiliki bulu tebal, ras dengan wajah datar seperti Pug, atau yang sedang dalam pengobatan tertentu.

Kini Anda telah mengetahui apa itu heat stroke pada anjing. Gangguan kesehatan ini adalah masalah yang serius, tetapi dengan pengetahuan yang tepat dan tindakan cepat, hal ini dapat kita lalui. Sebagai “orang tua asuh” dari anjing peliharaan, peran kita adalah tetap terinformasi, waspada, dan selalu mengutamakan kesejahteraan teman berbulu kita.

Nikmati cerahnya matahari di awal musim kemarau, bermain lempar bola, pergi berjalan di malam hari yang indah dengan selalu memperhatikan dengan cermat kondisi anjing Anda. Jaga ia tetap aman dan teruslah mengibaskan ekor!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa yang dilakukan untuk membantu anjing yang kepanasan?

Untuk membantu anjing yang kepanasan, segera pindahkan mereka ke lokasi yang lebih sejuk. Mulailah lakukan pertolongan pertama untuk heat stroke pada anjing dengan menuangkan air keran dingin ke atas tubuh anjing untuk menurunkan suhunya. Biarkan mereka meneguk sedikit air, tetapi hindari memberikan air terlalu dekat dengan bagian kepala. Selalu konsultasikan ke dokter hewan setelah kondisinya membaik.

Apa efek jangka panjang dari heat stroke pada anjing?

Bagaimana anjing pulih dari heat stroke?

Ras anjing apakah yang rentan terhadap heat stroke?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!