PEDIGREE ID
Search
Perawatan & parasit

Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Bulu Anjing Rontok

Posisi Tidur Anjing Ternyata Berpengaruh pada Kesehatan dan Mood

Rontoknya bulu anjing adalah proses alami ketika anjing kehilangan bulu yang mati dan rusak dari bulunya. Sebagian besar hewan peliharaan berbulu seperti anjing dan kucing merontokkan bulunya secara teratur. Bulu yang rontok ini kemudian digantikan oleh bulu baru yang sehat. Semua bulu rontok yang Anda temukan di sofa, tempat tidur, pakaian, sepatu, dan bagian lain di rumah Anda disebabkan oleh rontoknya bulu anjing. Rontoknya bulu adalah fenomena alami, dan tidak ada cara bagi pemilik hewan peliharaan untuk menghentikan rontoknya bulu anjing. 

Alasan utama mengapa anjing merontokkan bulunya secara teratur adalah agar mereka dapat mengganti bulu-bulu yang sudah tua dan mati. Banyak ras anjing juga tumbuh dan merontokkan bulunya waktu tertentu dalam setahun. Mereka melakukan ini untuk melindungi tubuh mereka dari suhu dingin dan panas, tergantung pada waktu dalam setahun. Rontoknya bulu anjing juga tergantung pada ras, bulu, dan kesehatan anjing. 

Banyak ras berbulu panjang seperti St Bernard, Alaskan malamute, Siberian husky, Alsatian, Golden Retriever, dan Cocker Spaniel dianggap lebih sering mengalami kerontokan dibandingkan dengan ras berbulu pendek. Namun, ini hanyalah masalah visibilitas yang menyebabkan ras berbulu panjang lebih dikenal karena merontokkan bulunya. 

Anak anjing juga merontokkan bulunya secara bertahap untuk menumbuhkan bulu dewasa.

Rontok sepanjang tahun dan musiman  

Anjing merontokkan bulunya sepanjang tahun, atau secara musiman berdasarkan waktu dalam setahun. Rontok sepanjang tahun adalah ketika anjing merontokkan bulunya secara terus menerus, bukan berdasarkan waktu dalam setahun. Ketika seekor anjing merontokkan bulunya sepanjang tahun, mereka melakukannya dalam jumlah kecil dan secara teratur yang mungkin tidak terlihat aneh bagi orang tua hewan peliharaan. Anjing yang hidup di luar ruangan dan anjing liar cenderung merontokkan bulunya secara musiman untuk mengatasi perubahan suhu dan cuaca. Selama bulan-bulan musim panas, anjing akan merontokkan bulu musim dinginnya yang lebih tebal dan sebaliknya.

Ras anjing mana yang lebih rentan mengalami kerontokan? 

Semua ras anjing merontokkan bulunya secara alami, meskipun memang benar beberapa ras anjing merontokkan bulunya lebih banyak daripada yang lain. Jika Anda berencana untuk membawa pulang anjing ke rumah dan ingin mengetahui jenis anjing mana yang dapat menambah beban kerja dan penyedot debu Anda, berikut ini adalah kompilasi yang berguna untuk Anda.

Anjing Malamute Alaska, Anjing Gembala Jerman Beagle, Labrador Retriever, Corgis, Siberian Husky, Collie, Pomeranian, St. Bernard, Samoyed, dan Shiba Inu adalah beberapa jenis anjing yang lebih banyak merontokkan bulu dibandingkan yang lain. Di sisi lain, Pudel, Terrier, Schnauzer, Dachshund, dan Greyhound adalah beberapa ras yang diketahui lebih jarang merontokkan bulu.

Penyebab bulu anjing rontok

Ada banyak penyebab rontoknya bulu anjing secara alami dan terkait dengan kesehatan yang dapat terjadi secara normal atau memerlukan perhatian medis.

  1. Kerontokan alami

    Rontok alami adalah proses anjing merontokkan bulu yang mati secara teratur untuk menggantinya dengan bulu yang baru. Hal ini sehat, dan prosesnya mirip dengan apa yang kita alami dengan rambut kita.

  2. Pola makan yang buruk

    Ketika kebutuhan nutrisi anjing tidak terpenuhi melalui makanannya, hal ini dapat menyebabkan bulu rontokkan sangat banyak. Makanan anjing berkualitas baik yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi anjing Anda adalah suatu keharusan untuk membantu mereka mempertahankan bulu yang sehat dan berkilau.

  3. Penyakit dan alergi

    Penyakit kronis seperti kanker pada anjing sering kali menyebabkan rontoknya bulu secara berlebihan.  Bulu yang rontok terlalu banyak sebagai respons terhadap reaksi alergi juga sering terjadi. Anjing dapat mengalami reaksi alergi terhadap iritasi di lingkungannya, bahan dalam makanan anjing, atau beberapa jenis obat atau sampo.

  4. Kerontokan bulu selama kehamilan

    Selama masa kehamilan, anjing membutuhkan makanan yang jauh lebih bergizi untuk menjaga kesehatan bulunya. Penting untuk memberikan makanan yang kaya nutrisi dan memenuhi kebutuhan anjing yang sedang hamil untuk menghindari kerontokan bulu yang berlebihan.

Tips untuk mengendalikan kerontokan bulu yang berlebihan pada anjing 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengendalikan kerontokan bulu yang berlebihan pada anjing Anda dan menjaga perabotan Anda tetap bebas bulu.

Grooming secara teratur 

Untuk mengatasi rontok yang berlebihan pada anjing, menyikat dan merawat mereka secara teratur sangatlah penting. Menggunakan alat yang tepat untuk kegiatan ini juga sama pentingnya. Sisir yang tebal dan bergigi jarang, sikat berbulu lembut, dan alat perontok bulu yang berkualitas dapat digunakan secara bersamaan atau secara berurutan, tergantung kebutuhan anjing Anda.

Ikuti pola makan yang sehat untuk kulit dan bulu yang baik 

Pastikan untuk memberikan makanan anjing berkualitas tinggi dengan bahan-bahan yang mendukung kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan bulu, serta tulang dan gigi yang kuat. Pola makan yang sehat juga membantu mengurangi kerontokan bulu yang berlebihan. Pedigree menawarkan berbagai makanan anjing kering dan basah dengan formulasi khusus yang mengandung minyak nabati dan nutrisi seperti Linoleic Acid (Omega 6) dan Zinc yang bermanfaat bagi anjing Anda untuk menjaga kulit dan bulunya tetap sehat, berkilau, dan berkilau.

Mandikan dengan sampo yang tepat

Mandi membantu menghilangkan kotoran, bakteri, dan kontaminan lainnya pada tubuh anjing Anda. Mandi juga membantu membersihkan bulu-bulu mati dan menjaga bulu anjing Anda tetap sehat dan berkilau. Selain itu, dengan menjaga kebersihan dan bebas kuman, anjing Anda tidak akan mencabuti lebih banyak bulu karena terlalu sering menggaruk dan menjilati dirinya sendiri. Tanyakan kepada dokter hewan sampo yang tepat untuk anjing Anda jika mereka memiliki kebutuhan khusus, dan siapkan jadwal mandi.

Jaga agar hewan peliharaan bebas dari stres dan kecemasan

Ketika anjing Anda stres dan cemas, hal ini dapat menyebabkan bulu mereka rontok secara berlebihan. Stres dan kecemasan dapat dipicu oleh berbagai macam situasi seperti perjalanan ke dokter hewan, omelan, hukuman, atau perubahan mendadak pada lingkungan, gaya hidup, dan kebiasaan mereka. Mengambil tindakan untuk mengurangi stres dan menjaga anjing Anda tetap bahagia dan ceria dapat banyak bermanfaat. Hal ini pasti dapat memastikan bahwa anjing Anda tidak terlalu banyak merontokkan bulu.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Kerontokan Bulu Anjing

Bulan apa yang paling sering terjadi kerontokan pada anjing?

Selama bulan-bulan lebih panas dalam setahun, anjing cenderung merontokkan bulu lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh naluri alami mereka yang membantu mempersiapkan tubuh mereka untuk menghadapi perubahan musim dan suhu. Anjing yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam ruangan akan merontokkan bulu sepanjang tahun karena mereka umumnya tidak perlu menghadapi masalah yang harus dihadapi oleh anjing di luar ruangan dan anjing liar. 

Berapa banyak kerontokan bulu anjing yang normal?

Apakah pakaian anjing membantu mengatasi kerontokan?

Makanan anjing apa yang terbaik untuk mengurangi kerontokan?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!