PEDIGREE ID
Search
Perawatan medis

Memahami Penyebab Anjing Kejang Beserta Gejala, dan Pengobatannya

Memahami Penyebab Anjing Kejang Beserta Gejala, dan Pengobatannya

Sama seperti manusia, teman berbulu pun terkadang mengalami masalah kesehatan. Salah satu yang tentu saja membuat kita sebagai “orang tua asuh” cemas adalah kejang pada anjing. Jika Anda pernah menyaksikan kejang atau epilepsi pada anjing,Anda tahu betapa mengkhawatirkannya itu. Namun, dengan memahami apa yang sebenarnya terjadi setidaknya dapat memberikan sedikit rasa tenang sebab Anda dapat tahu seperti apa tindakan yang tepat. Untuk itu, mari kita cari tahu penyebab anjing kejang dan apa yang dapat kita lakukan untuk membantu hewan peliharaan tercinta.

Panduan Tentang Kejang dan Epilepsi pada Anjing

Apa penyebab anjing kejang-kejang? Sebuah studi mengungkapkan pada intinya, anjing yang mengalami kejang akan merasakan badai listrik dalam otak. Anda dapat membayangkan bagaimana rasanya tersetrum listrik secara tiba-tiba dan intens yang mengganggu aktivitas otak secara normal.

Lonjakan tiba-tiba ini dapat menjadi penyebab anjing kejang yang dapat dilihat melalui berbagai gejala seperti kekakuan otot yang tidak terkendali, air liur yang keluar, dan bahkan kehilangan kesadaran sementara atau pingsan.

Selanjutnya, ketika anjing kejang-kejang secara berulang dari waktu ke waktu, maka kondisinya berubah menjadi epilepsi.

Mengapa Anjing Mengalami Kejang?

Beberapa penyebab dan masalah kesehatan dapat menjadi alasan anjing kejang-kejang. Seperti beberapa penyebab berikut ini:

  • Mengonsumsi zat beracun (seperti beberapa tanaman atau bahan kimia tertentu).
  • Adanya masalah kesehatan seperti penyakit hati, gagal ginjal, atau ketidakseimbangan gula darah yang dapat menjadi penyebab anjing kejang-kejang.
  • Adanya masalah yang berkaitan dengan otak seperti cedera kepala, tumor, atau stroke.
  • Dalam banyak kasus, terutama pada ras seperti Border Collie dan German Shepherd, penyebab kejang yang tidak dapat diketahui disebut sebagai epilepsi idiopatik.

Apakah Ada Ras Anjing Tertentu yang Lebih Rentan Terhadap Kejang?

Ini adalah pertanyaan menarik yang banyak diajukan oleh “orang tua asuh” dari hewan peliharaan, terutama ketika mempertimbangkan ras mana yang akan diadopsi. Jawabannya adalah ya. Beberapa ras ternyata memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami kejang. Meskipun setiap epilepsi pada anjing dapat di ras mana pun, namun berikut beberapa ras yang akibat faktor genetik, mungkin memiliki risiko sedikit lebih tinggi:

  • Border Collie
  • German Shepherd
  • Labrador Retriever
  • Golden Retriever
  • Beagle
  • Belgian Tervuren
  • Schnauzer

Mengenali Kejang: Gejala yang Perlu Diwaspadai

Mengenali gejala dan bentuk dari kejang pada anjing adalah langkah pertama dalam membantu anjing Anda. Oleh karena itu, berikut gejala umum kejang pada anjing:

  • Kolaps tiba-tiba dan kaku pada otot.
  • Gerakan gemetar dan berkedut.
  • Mengeluarkan air liur, menggerakan mulut seperti sedang mengunyah, dan bahkan berbusa di mulut.
  • Gerakan mengayuh dengan kaki.
  • Setelah kejang, anjing Anda mungkin terlihat bingung atau mengalami kebutaan sementara.

Penjelasan Berbagai Jenis Kejang pada Anjing

Fenomena kejang pada anjing tidak selalu sama. Mereka dapat bervariasi dalam intensitas, durasi, dan bentuk kejangnya. Berikut adalah jenis utama kejang pada anjing:

  • Kejang Umum (Tonik-Klonik): Memengaruhi seluruh otak, menyebabkan kehilangan kesadaran dan konvulsi fisik yang intens.
  • Kejang Fokal: Hanya sebagian otak yang terpengaruh, menyebabkan gerakan abnormal pada bagian tubuh tertentu.
  • Kejang Psikomotor: Anjing Anda mungkin menunjukkan perilaku aneh, seperti mengejar ekor dengan agresif atau menyerang objek yang tidak terlihat.
  • Epilepsi Idiopatik: Epilepsi pada anjing ini merujuk pada kejang tanpa penyebab yang diketahui.

Langkah-Langkah Proaktif: Mencegah dan Mengobati Kejang pada Anjing

Setiap “orang tua asuh” yang merawat anjing tentunya ingin melindungi hewan peliharaan mereka dari gangguan dan masalah kesehatan apa pun. Meskipun kita tidak dapat sepenuhnya mencegah peristiwa kejang, namun memahaminya dan mengetahui obat alami untuk anjing kejang-kejang apa  yang tepat dapat membuat perbedaan besar pada kondisi teman berbulu.

  1. Pastikan keselamatan: Jika anjing Anda mengalami kejang, pastikan mereka berada di tempat yang aman dan jauh dari tangga atau benda tajam.
  2. Tetap tenang: Sebisa mungkin, cobalah untuk tetap tenang. Anjing Anda membutuhkan Anda sebagai sandaran mereka.
  3. Hindari bagian mulut: Adalah mitos bahwa anjing dapat menelan lidah mereka selama kejang. Sebaliknya Anda yang sebaiknya menjauhi bagian mulut anjing agar terhindar dari risiko gigitan tidak sengaja.
  4. Konsultasikan dengan dokter hewan: Setelah kejang, sangat penting untuk menghubungi dokter hewan. Mereka mungkin akan melakukan beberapa tes seperti pemeriksaan darah atau bahkan MRI.
  5. Pemberian obat: Melihat penyebab dan frekuensi kejang, dokter hewan Anda mungkin akan meresepkan obat medis maupun obat alami untuk anjing kejang-kejang demi mengurangi kemungkinan kejang di masa depan. Pastikan anjing Anda mengonsumsi seluruh rangkaian obat untuk anjing kejang-kejang yang diberikan.

Kejang bisa menjadi peristiwa yang menakutkan, jangan sampai Anda lebih panik dibandingkan hewan peliharaan Anda yang mengalaminya. Dengan pengetahuan yang tepat, tindakan yang cepat, dan seorang dokter hewan yang siap membantu Anda, teman berbulu dapat menjalani kehidupan yang bahagia dan menyenangkan. Selalu percaya pada saran profesional dan perhatikan kesehatan anjing Anda untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan kasih sayang dan perawatan yang tepat.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah anjing akan baik-baik saja setelah kejang?

Iya, kebanyakan anjing pulih dari kejang tanpa komplikasi bawaan. Gejala pasca-kejang dapat meliputi kebingungan, kebutaan sementara, keluarnya air liur berlebihan, dan tindakan untuk bersembunyi. Selalu pantau dan berkonsultasi dengan dokter hewan untuk memastikan kesejahteraan anjing Anda setelah kejadian. Berikan pula obat untuk anjing kejang-kejang yang sesuai dengan resep dokter.

Ras anjing apa saja yang paling rentan terhadap kejang?

Berapa lama anjing bisa hidup dengan kebiasaan kejang?

Seperti apa kejang pada anjing?

Pendaftaran Voucher Gratis

Klik di bawah dan daftar untuk mendapatkan voucher diskon gratis

Dapatkan Voucher
popup bg
Pedigree imagery
Dapat dibeli di mana

Temukan supplier PEDIGREE®
di dekat Anda!